Kilas Balik Laju Moneter Magelang : Masuknya NIEM (Nederlandsch Indisch Escompto Maatschappij) ke Kotapraja


Foto Escomptobank Cabang Magelang Koleksi Eva Mentari Christoph

Awal Berdirinya Escomptobank Magelang

Perkembangan infrastruktur Magelang kian pesat digalakkan tatkala status wilayah ini teus berevolusi sejak 1813 hingga awal abad ke-20. Melihat laju pertumbuhan ekonomi yang terus merangkak naik di Kota Magelang, Bank Dagang milik pemerintah yang bergerak pada pembiayaan hasil bumi atau lazim disebut Nederlandsch Indisch Escompto Maatschappij (NIEM) mulai melakukan ekspansinya ke Magelang. NIEM sendiri pada awalnya didirikan di Batavia pada 1857 dengan modal awal sebesar f. 50.000.000,- dan terus berkembang sehingga memiliki banyak cabang di kota - kota Hindia Belanda yang salah satunya adalah Magelang.
Escompto Bank mulai membuka kantor cabang di Magelang pada tanggal 1 Januari 1929 dan beroperasi di kantor barunya pada tanggal 2 Januari ditahun yang sama. Sebenarnya, layanan Escompto Bank di Magelang sudah berlangsung sejak 1907 dan hanya dilayani oleh agen resmi saja, belum berupa pelayanan kantor cabang. Pelayanan Escompto Bank dari 1907 hingga 1928 ditangani oleh seorang agen eks-pensiunan militer berdarah Jerman bernama Tuan J.M.L, van Eyck (Eijck).
van Eijck sendiri tiba di Hindia Belanda pada 1885 sebagai seorang serdadu pada usia 20an. Pada tahun 1906, ia pensiun dari dinas ketentaraan dan bersama beberapa orang rekannya membeli sebuah toko yang hampir bangkrut milik seorang berkebangsaan Armenia bernama Paul Minas Johannes Amir Khan (P.M. Johannes).
Toko besar yang dulunya bernama N.V Johannes diubah namanya menjadi Manusje van Alles oleh van Eijck yang lokasinya sekarang berada di toko swalayan modern “Gardena”. Di tokonya ini, van Eijck menjual berbagai macam barang barang dagangan kebutuhan warga Magelang sekaligus merangkap sebagai agen Escompto Bank.
Memasuki tahun 1928, kesehatan van Eijck sudah banyak menurun sehingga pelayanan Escompto Bank kurang bisa maksimal. Pada tahun yang sama ia meminta untuk mundur sebagai agen bank karena alasan kesehatan. Namun demikian, pada tahun 1929 ia tetap dijadikan dewan penasihat Bank Escompto Magelang. J.M.J van Eijck meninggal tahun berikutnya pada 1930 dan bekas tokonya dijual pada 1931.

Kiprah Escomptobank

Perkembangan sektor perbankan di Magelang pada masa kolonial dulu bisa dikatakan sudah cukup maju jika dilihat dari banyaknya lembaga perbankan yang membuka cabang atau agennya di kota ini. Sebut saja Volkskreditbank, Afd van de Bank Nasional Indonesia, Bank Tabungan dari Kantor Pos (Spaarbank der Posterijn) Asuransi Bumi Putra dan yang tentunya Indisch Nederlandsch Esompto Maatschappij (NIEM) pernah beroperasi untuk memperkenalkan dan membantu dunia moneter di Magelang.
Banyak kisah menarik mengenai Escompto Bank cabang Magelang yang terekam dalam surat kabar - surat kabar yang pernah terbit antara tahun 1900 hingga 1940an. Salah satu diantaranya kisah dimana rumah agen resmi Escompto Bank Magelang, Tuan J.M.J van Eijck pernah disatroni maling.
Menurut surat kabar De Indische Courrant yang terbit pada 30 Januari 1928, tepat di malam pergantian tahun tanggal 1 Januari, beberapa pencuri berhasil masuk ke rumah agen Escompto Maatschappij, Tuan Van Eyck dan berupaya membuka paksa brankas yang berisi sejumlah uang dan benda berharga dengan nilai yang cukup besar.
Untungnya, upaya pencurian itu gagal, sehingga para pencuri harus puas dengan hanya menggondol kotak kas kecil yang berisi beberapa lembar perangko dan uang tunai sebesar f 20. Sementara itu, senjata revolver yang disimpan oleh Tuan Van Eyck untungnya tidak ikut diambil. Segala kerusakan dan kehilangan akibat kejadian ini ditanggung oleh asuransi.
Selain itu menurut koran Soerabaijasch handelsblad yang terbit tahun 1932, kisah tak kalah menghebohkan pernah juga terjadi ketika Escompto Bank cabang Magelang hampir tertipu oleh seorang nasabah dari Banjarmasin dengan nilai nominal kerugian sekitar f 35000.
Tidak hanya hal - hal kurang mengenakkan seperti diatas saja yang dialami oleh Escompto Bank cabang Magelang. Bank ini juga cukup rutin mempromosikan penggalangan dana di berbagai surat kabar dengan cara mengadakan pengundian lotre dengan jumlah nominal hadiah antara f150.000,- hingga f500.000,-. Dana - dana tersebut sebagian diberikan kepada Asosiasi Palang Merah Hindia, Asosiasi Kristen yang berbasis keagamaan, Yayasan Penderita Kusta yang bergerak pada bidang kesehatan dan juga Panti Asuhan milik Pa Johannes Van Der Steur Magelang yang berbasis sosial.
Adapun hal lain yang dilakukan Escompto Bank Magelang untuk penggalangan dana yaitu dengan cara mengadakan acara Bowling bagi kalangan elit di Societeit, dan serta penggratisan biaya transfer dana bagi yayasan Panti Asuhan “Oranje Nassau” milik Van der Steur.
Memasuki era pendudukan Jepang pada tahun 1942, aktivitas perbankan di Magelang patut diduga tidak berjalan seperti biasanya. Namun yang jelas, pada masa Revolusi fisik, bangunan - bangunan vital komersial yang ada di seputaran alun - alun Magelang sempat dibumi hanguskan oleh para pejuang republik. Memasuki era kemerdekaan, bekas gedung Escompto Bank ini sempat berubah menjadi bangunan Hotel, seperti Hotel Tidar pada tahun 1968, Mulia dan Alia pada tahun 2000an. Kini, bekas gedung Escompto Bank sepertinya dibiarkan kosong tanpa aktivitas apapun.
Demikianlah seri dunia perbankan di Magelang. Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan ini. Jika terdapat tambahan informasi, penulis akan sangat berterima kasih.
- Chandra Gusta W -
Sumber :
- zo was het in Magelang, oleh A.N. van der Veen yang ditransliterasikan oleh mbak Eva Mentari Christoph
- De Indische courant terbitan 30 Januari 1928
- Het nieuws van den dag voor Nederlandsch-Indië terbitan 28 Maret 1904
- De Indische courant terbitan 30 Juli 1931
- Soerabaijasch handelsblad terbitan 09 Maret 1932
- Soerabaijasch handelsblad terbitan 09 Juli 1934
- Bataviaasch nieuwsblad terbitan 02 Juni 1939
- Het nieuws van den dag voor Nederlandsch-Indië terbitan 30 Desember 1937
- De Indische courant terbitan 01 Februari 1936
- Buku Prachtige tochten van uit Magelang terbitan 1935 karya Krafft, A.J.C.
- Diskusi dari Group Kota Toea Magelang dengan keyword “escompto”

Komentar