TANAH SURGA : ASAL USUL NAMA MAGELANG


ASAL USUL NAMA MAGELANG

Terdapat berbagai macam versi mengenai asal usul nama Magelang. Kebanyakan sumber berdasarkan legenda, cerita rakyat, dongeng, dan lain sebagainya. Kali ini, saya akan mencoba memaparkannya secara singkat beberapa versi asal nama Magelang.

Versi Pertama.
Syahdan, kata Magelang sendiri berasal dari kedatangan orang – orang dari Keling / Ho-Ling (Kerajaan Kalingga) ke wilayah Kedu. Kalingga sendiri merupakan kerajaan bercorak Hindu Siwais yang berpusat di Jepara yang berkembang pada abad ke-6 Masehi. Alkisah, orang – orang Kalingga yang datang ke wilayah kedu waktu itu senang sekali menggunakan perhiasan berupa gelang. Orang Keling ini kerap mengenakan gelang dibagian tubuh mereka, seperti di tangan dan hidung mereka. Kata ‘ma’ pada Magelang merujuk pada kata kerja yang berarti mengenakan. Maka dari itu Magelang berarti mengenakan atau memakai  gelang. Dari rujukan ini, maka Magelang adalah sebuah daerah yang didatangi oleh orang-orang yang mengenakan hiasan gelang ditubuhnya. 

 
 Ilustrasi gambaran masyarakat zaman dahulu era kerajaan Hindu - Budha di Jawa
(Plurarisme di Majapahit, National Geography Indonesia)


Versi kedua.
Bersumber pada prasasti - prasasti yang menyebutkan sebuah desa pardikan (desa bebas pajak) pada masa kerajaan Medang, tersebutlah nama – nama desa atau daerah yang bisa menjadi rujukan asal mula nama Magelang. Terdapat tiga buah prasasti yang menjadi rujukan asal mula nama Magelang dan daerah yang sekarang masuk kedalam wilayah Magelang. Prasasti – prasasti tersebut adalah prasasti Mantyasih I, prasasti Poh, dan prasastri Gilikan. Prasasti – prasasti tersebut juga biasa dikenal sebagai prasasti tembaga Kedu karena ditulis diatas lempengan tembaga. Prasasti Poh dan Mantyasih diperkirakan dibuat pada masa pemerintahan Sri Maharaja Rake Watukara Dyah Balitung  pada abad ke X (898-910 M). Sedangkan prasasti Gilikan ditulis pada 924 M saat pemerintahan Mpu sindok.

Jika dirunut pada prasasti-prasasti tersebut, masing – masing prasati merujuk pada nama – nama daerah (toponimi) di wilayah Magelang. Dalam prasasti poh tersebutlah nama desa Mantyasih (secara etimologis Mantyasih terdiri atas dua kata, Manti yang berarti sangat atau penuh dan sih yang berarti cinta atau kasih, yang mana Mantyasih dapat diartikan Cinta Kasih yang Sempurna / Penuh), desa Galang dan Glangglang. Sedang dalam prasasti Gilikan menyebutkan Bhatara di Glam yang mana Glam disini adalah sama dengan desa Galang dalam prasasti Mantyasih. Dalam prasasti Mantyasih I menyebutkan sebuah desa pardikan (bebas pajak) Mantyasih di sebuah hutan dengan gunung Susundara dan wukir Sumwing dapat dilihat dari desa itu. Yang mana desa tersebut diberi kristimewaan oleh Rake Panangkaran Dyah Balitung dengan dilarangnya siapapun untuk memungut upeti atau pajak karena desa ini telah berjasa pada Kerajaan. Desa pardikan Mantyasih ini sekarang masih bisa ditemukan di bagian barat Kota Magelang ditepi timur sungai Progo dengan nama desa Meteseh. Dalam prasasti Mantyasih I, tersebut pula nama daerah lain dalam prasasti seperti yang desa Wadung Poh yang sekarang menjadi desa Dumpoh di utara Kota Magelang dan Kdu yang sekarang menjadi Kedu, suatu wilayah di utara Temanggung. Tersebut pula nama desa Kuning Kagunturan yang sekarang menjadi desa Kembang Kuning dan Desa Guntur di Kelurahan Rejosari, Bandongan. Nama desa Galang dan Glangglang yang menjadi cikal nama Magelang juga disebutkan dalam prasasti Mantyasih I ini. Berdasarkan bukti otentik inilah maka asal mula nama Magelang bisa berasal.

Ilustrasi pasar pada masa Majapahit
(National Geography Indonesia)

Versi ketiga.
Memasuki era kerajaan Islam, Setelah runtuhnya Demak sebagai Kerajaan Islam pertama di jawa sekaligus ahli waris penerus Majapahit, terjadilah gesekan dan intrik politik antara Kasultanan Pajang (penerus Kasultanan Demak) dan Mataram (sebuah hutan bernama alas mentaok yang berkembang menjadi sebuah Kadipaten hadiah Sultan Pajang yaitu Sultan Hadiwijaya, kepada Ki Ageng Pamanahan atas jasanya yang berhasil membunuh Arya Penangsang). Sepeninggal Ki Ageng Pamanahan, sang anak Danang Sutowijoyo (Kelak, ketika Danang Sutowijoyo berhasil mengalahkan Pajang, Ia akan mengubah namanya menjadi Panembahan Senopati sang pendiri Mataram Islam). Konflik mulai terjadi ketika Kadipaten Mataram semakin besar pengaruhnya dan mampu berkembang dengan pesat menyaingi Kasultanan Pajang. Dataran Kedu dijadikan sebagai lokasi pelatihan militer oleh Danang Sutowijoyo sebagai persiapan untuk melawan invasi Kasultanan Pajang (dalam versi lain ada yang mengatakan untuk mempersiapkan pasukan Mataram dalam upayanya memperluas kekuasaan setelah runtuhnya Kasultanan Pajang). Dalam ekspedisi membuka hutan Kedu (babat alas) ini, dititahkanlah Pangeran Purboyo, Putra Panembahan Senopati untuk pergi kesana. Hutan  Kedu waktu itu terkenal sangat angker dan berada dibawah kekuasaan kerajaan siluman yang dipimpin oleh Prabu Sepanjang. Dalam ekspedisi ke tanah Kedu ini, Sang Pangeran ditemani oleh saudaranya, yaitu Raden Kuning dan Raden Krincing dan dua orang abdi  sakti yaitu Tumenggung Mertoyudo dan Tumenggung Singoranu beserta pasukan Mataram.

 

Singkat cerita, para jin dan siluman di hutan Kedu merasa terganggu dengan dibukanya wilayah mereka oleh pasukan Mataram. Gangguan makhluk-makhluk penjaga hutan Kedu ini dengan memberikan wabah penyakit kepada pasukan Mataram. Banyak pasukan yang mengalami penyakit aneh berupa sakit disore hari dan mati keesokan harinya. Atas kesaktian saudara Pangeran Purboyo yaitu Raden Kuning, ia berhasil melawan para penunggu Hutan Kedu dan membuat jin – jin itu kuwalahan, tak terkecuali sang raja siluman Prabu Sepanjang yang melarikan diri. Semenjak itu, Kedu menjadi daerah yang aman dan tentram.

Namun, didalam pengejarannya membasmi jin penunggu hutan Kedu, Sang raden yang malah bertemu seorang gadis cantik penduduk sekitar bernama Putri Rantam (ada juga yang meyebutkan namanya Rara Rambat), anak Kyai Keramat dan Nyai Bogem. Terlena oleh kemolekan sang gadis, Raden Kuning melamar Putri Rantam dan pada akhirnya menikah. Raden Kuning pun lupa akan tugasnya untuk menumpas Prabu Sepanjang.

Mengetahui kejadian itu, Sang raja siluman, Prabu Sepanjang mendapatkan ide untuk membalas dendam kepada pasukan Mataram dengan merubah wujudnya sebagai seorang laki-laki bernama Sonta dan mengabdikan diri kepada mertua Raden Kuning, Kyai Keramat sebagai kamuflase misi balas dendamnya. Semenjak Sonta  menjadi pengikut Kyai Keramat, banyak terjadi kematian aneh dikalangan pasukan Mataram. Kematian demi kematian yang semakin banyak akhirnya membuat Pangeran Purboyo resah dan akhirnya berkonsultasi kepada sang ayah, Panembahan Senopati. Sang raja Mataram itu bersemedi mencari petunjuk kepada Sang Penguasa Laut Selatan, Nyi Roro Kidul atas apa yang terjadi di hutan Kedu. Dalam persemediannya inilah ia mendapatkan jawaban bahwa penyebab semua kejadian ini adalah laki-laki bernama Sonta, abdi Kyai Keramat.

Lukisan Panembahan Senopati dan Nyi Roro Kidul

Atas wisik tersebut, Panembahan Senopati memberitahu anaknya, Pangeran Purboyo, dan lantas meneruskan informasi ini kepada Kyai Keramat. Bahwasanya, penyebab kejadian – kejadian aneh di Kedu selama ini adalah ulah abdinya yang bernama Sonta. Sontak, sang Kyai menjadi geram dan terjadilah perang tanding antara Kyai Keramat dan Sonta sang jelmaan Raja Siluman. Pertempuran sengit pun terjadi diantara mereka, namun apa daya, sang Kyai kalah dan tewas ditangan abdinya itu. Melihat suaminya tewas bersimbah darah, Sang Istri, Nyai Bogem tidak terima dan bertarung melawan Sonta. Malang tak dapat ditolak, Nyai Bogem pun harus mati ditangan Sonta. Konon, lokasi tewasnya Kyai Keramat dan Nyai Bogem ini menjadi nama kampung Keramat dan Bogeman di Magelang.

Mengetahui tragedi kematian yang mengerikan atas kedua pasangan suami – istri ini, Pangeran Purboyo memerintahkan tumenggung terbaiknya, Tumenggung Mertoyudo untuk mengejar dan membunuh Sonta. Perang tanding sengit pun terjadi diantara mereka berdua. Namun  sayang, kesaktian Sang Raja Siluman bukan tandingan Tumenggung Mertoyuda dan harus rela meregang nyawa ditanah Kedu. Untuk membalas kematian Tumenggung Mertoyudo, Pangeran Purboyo mengutus Senopati andalan sekaligus saudaranya, Raden Kerincing untuk membunuh Sonta. Namun sayang, lagi – lagi utusan Pangeran ini harus bertekukuk lutut dan tewas dibunuh Sonta. Lokasi gugurnya dua utusan Mataram ini kelak diabadikan menjadi nama daerah Mertoyudan dan Kerincing di Magelang. 

Habis sudah kesabaran Pangeran Purboyo mengetahui para abdinya tewas ditangan Si Raja Siluman, Ia pun memerintahkan semua pasukanya untuk memburu Sonta. Terdesak oleh kejaran pasukan Mataram dan Pangeran Purboyo, Sonta kabur dan masuk kedalam hutan. Dengan melakukan strategi pengepungan mengelilingi hutan dengan sangat rapat dan tanpa celah oleh pasukan Mataram atau strategi ini lebih dikenal sebagai ‘Tepung Gelang’ atau ‘Ateping Temu Gelang’, Sonta tidak bisa kabur kemana-mana lagi. Ia terpaksa bersembunyi diatas pohon ditengah hutan. Namun ia tidak bisa mengelabuhi kesaktian Sang Pangeran. Dihajarlah Sonta oleh Pangeran Purboyo hingga ia tewas jatuh terjelembab ke tanah. Lokasi tewasnya Sonta ini konon menjadi asal mula desa Santan di Magelang.

Keanehan terjadi takala jasad Sonta berubah menjadi wujud asli Sang Raja Siluman Prabu Sepanjang. Pertempuran keduapun terjadi antara Prabu Sepanjang dan Pangeran Purboyo. Pertempuran dahsyat pun terjadi, ilmu – ilmu kanuragan dan jurus andalan masing-masing dikeluarkan. Singkat cerita, Prabu Sepanjangpun tewas ditangan Pangeran Purboyo. Sesaat setelah Prabu Sepanjang tewas, tiba – tiba muncul asap hitam keluar dari jasadnya yang membumbung tinggi dan menutupi langit Kedu sehingga gelap gulita. Sedikit demi sedikit, kegelapan itu mulai sirna diikuti dengan musnahnya pula jasad Prabu Sepanjang. Jasad itu ternyata  berubah menjadi sebuah tombak. Ternyata Prabu Sepanjang adalah jelmaan sebuah pusaka azimat sakti berbentuk bilah tombak bertangkai kayu yang panjang. Pangeran Purbaya pun memerintahkan untuk menanam atau menguburkan tombak itu kesebuah bukit yang mana konon bukit itu adalah Gunung Tidar.
  
Dalam versi ini, maka dapat ditarik kesimpulan asal muasal nama Magelang merupakan sebuah nama lokasi strategi pengepungan Pangeran Purboyo atas raja Siluman Prabu Sepanjang. Strategi yang dalam bahasa jawa disebut ‘Tepung Gelang’ atau ‘Ateping Temu Gelang’ yang bermakna mengepung rapat seperti gelang inilah yang konon menjadi dasar penamaan Magelang.



Versi keempat,
Versi ini adalah versi yang sudah tertulis dalam sebuah majalah berbahsa Belanda pada masa kolonial dulu terbitan 1930an. Menurut majalah itu, Masyarakat umum Magelang yang mengatakan bahwa nama Magelang berasal dari kata 'Maha' dan 'Gelang' yang mengandung makna gelang yang sangat besar. Ungkapan tersebut berdasarkan letak geografis Magelang yang berada ditengah tengah gunung - gunung berapi yang mengelilingi Magelang. Jajaran gunung - gunung itu laksana untaian gelang raksasa yang memagari Magelang. Sehingga munculah kata Maha-Gelang yang lama kelamaan berubah menjadi Magelang.


Dokumentasi Pribadi


(Referensi: JuraganSejarah.blogspot.com & Wikipedia /Sabtu/02-01-16.Pkl:10.07)
(Anscerita.wordpress.com &Bagusirawan.blogspot.com/Sabtu/02-01-16/Pkl:13.34)
(Seminar Sehari di Universitas Tidar oleh (alm) MM Sukarto K Atmodjo, 24 September 1988, Kotatoeamagelang.wordpress.com.Sabtu./02/01/16.pkl 18.39)

Komentar

  1. POKERVITA
    JUDI ONLINE TEXAS POKER

    Juga Taruhan Kartu Tradisional Sakong Online
    Bayar Pakai GoPay

    Anda Dapat Bermain Setiap Hari dan Selalu Menang Bersama Poker Vita
    Situs Situs Tersedia bebebagai jenis Permainan games online lain

    Kami Terima semua BANK Nasional dan Daerah, OVO&GOPAY Deposit dan Penarikan Dana. Untuk permasalahan apapun Anda selalu dapat menghubungi Tim Support kami, Kami online 24 jam/7 hari untuk menjawab pertanyaan Anda dan menangani masalah apapun.


    Whatsapp : 0812-222-2996

    BalasHapus
  2. Belum Pernah Dapat Jackpot Slot? Cobalah Bermain Slot Kami...
    Winning303.org
    Rasakan Jackpot Setiap Hari...Dapatkan Juga Bonus Rollingan Setiap Hari....
    Seru Bukan??? Yang Pastinya Anda Tidak Akan Berpaling Lagi...

    Mainkan Permainan Lainnya Dengan 1 User ID Saja...
    1. Live Casino
    2. Poker
    3. Sportsbook
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    BalasHapus

Posting Komentar