Mblusuk - Mblusuk Men!! Ada Apa sih di Jalan Magelang? (Part 1)

MBLUSUK - MBLUSUK MEN!!!


Setelah sumpek hampir seminggu dikantor duduk depan laptop dari pagi sampai malem, akhirnya Weekend dateng juga!! Planningnya adalah mudik ke Magelang sekaligus mblusuk-mblusuk disekitar jalan Magelang. Hari itu sabtu pagi, agak bangun kesiangan sebenarnya jam 7, tapi gak apa lah masih pagi ini. Bangun tidur ku terus mandi tidak lupa menggosok gigi, habis mandi ku ganti baju, membersihkan tempat tidurku. Baru deh, sekitar jam 8, Cabut!!

DESTINATION UNLOCKED!! Benteng Belanda Era Perang Jawa !!

Perjalanan dari kost ke benteng ini kira-kira memakan waktu sekitar 15 - 20 menit naik motor dengan kecepata rata-rata 60km/jam. Benteng Belanda ini terletak di desa Beteng di jalan Magelang. Kalau dari Jogja kiri jalan pas tanjakan sebelum pertigaan jalan ke Agro Wisata Turi. Benteng ini berada ditengah-tengah perkampungan warga. Waktu mencari benteng ini saya agak sedikit nyasar, karena malu bertanya sesat di jalan, saya tanya kepada seorang bapak-bapak yan sedang bekerja bakti. Tanpa sungkan beliau menunjukan lokasi benteng tersebut berada.


Kondisi benteng sendiri waktu ke sana dindingnya ditumbuhi oleh tanaman lumut. Bangunan benteng sendiri terbuat dari batu bata. Sebagian atap benteng sudah ada yang runtuh. Warga sekitar waktu saya datang sedikit heran kenapa mau plesiran ke situ buat lihat benteng ini. Namanya juga MBLUSUK_MBLUSUK MEN!! 

Syahdan, benteng ini dulunya digunakan untuk menyimpan logistik obat di masa Javan Oorlog (perang jawa) sekitar 1825-1830. Fungsinya apa lagi kalo nggak buat menghambat gerak laju pasukan Diponegoro.


Terlihat benteng yang tertutup oleh tumbuhan pelapuk. Menurut penuturan bapak yang difoto, benteng ini dulu malah sering dijadikan tempat menyimpan kayu oleh warga sekitar.

Ada apa di jalan Magelang selanjutnya? Tunggu aja di part 2

Komentar