Mblusuk - Mblusuk Men!! Ada Apa sih di Jalan Magelang? (Part 2)

MBLUSUK - MBLUSUK MEN!!!
Setelah puas ngorek informasi soal Benteng Belanda, Bapak yang tadi nganter memberi informasi bahwa nggak jauh dari situ terdepat sebuah sendang (mata air) yang konon cukup Mistis bin Horror. Karena penasaran, saya coba deh mblusuk buat nyari sendang itu.

DESTINATION UNLOCKED!! Sendang Sempor !!


Sendang ini terletak dikiri jalan dari Jalan Magelang kalau Sampean dari Magelang. Jikalau dari pertigaan jalan ke Turi, maju sedikit Sampean coba perhatikan, tak jauh dari situ terdapat sebuah POHON BERINGIN MAHA GEDE yang letaknya agak masuk kedalam. Nah, dibawah pohon itu lah, Sendang (mata air) Sempor muncul.


Penampakan POHON BERINGIN MAHA GEDE tempat Sendang Sempor muncul. 



Bisa dilihat kan, betapa guwede nya pohon beringin itu. Saya sendiri awalnya cukup agak mikir buat nyamperin sendang ini karena mitos-mitos yang berseliweran, tapi ya ndak apa lah, modal nekat, Hajar aja! 

Ketika sampai dibawah pohon beringin, kesan dan hawa yang muncul adalah adem dan sedikit bikin merinding. Mungkin gara-gara sugesti saya saja. Saat saya samperin, ternyata sendang ini masih dipakai untuk kegiatan sehari-hari seperti mandi. Terdapat tempat pemandian dan tempat berteduh dikala hujan juga disitu, tapi ya agak kotor gitu.

Sulur-sulur pohon beringin yang bikin nambah mistis sendang sempor. 

Menurut penuturan narasumber, sendang ini sudah ada sejak dulu, tapi baru mulai dibangun secara permanen pada saat era kolonial Belanda. Makanya kalau dilihat terdapat bangku semen lama dan beberapa bangunan lain yang kelihatan tua. Selain itu, sendang ini juga cukup terkenal diantara para praktisi ilmu kejawen, Setiap malam Selasa Kliwon dan malam Jumat Kliwon, Sendang Sepor cukup ramai didatangi orang. Ada bekas kemenyan dan bakaran dupa di akar bawah pohon beringin ini. 

Bangku lama dan bekas bakaran dupa dan kemenyan diakar pohon meninggalkan bekas hitam diakar pohon.


Sebenarnya mau icip airnya bentar, tapi setelah dipikir-pikir lagi nggak usah lah. Sebagai syarat terakhir, foto dulu biar sah udah mampir ke Sendang Sempor.

Masih ada beberapa spot lain di jalan Magelang yang bisa dikunjungi. Pokoknya akan diagendakan lagi mblusuk-mblusuk di seputaran Jalan Magelang. Salam Mblusuk-Mblusuk Men!!!








Komentar

Posting Komentar